Murai Batu Muda Hutan vs Murai Batu Trotol

Kedua jenis Murai Batu ini, yaitu Murai Batu Muda Hutan dan Murai Batu Trotol sama-sama berada pada rentang umur yang sama yaitu di bawah 5 bulan, sedang menjajaki masa-masa mabung, menuju Murai Batu dewasa. Yang membedakan penamaan kedua istilah Murai Batu tersebut hanyalah lingkungan di mana keberadaan anakan Murai Batu itu dilahirkan.

MB (Murai Batu) Muda Hutan merupakan anakan Murai Batu yang ditemukan di hutan hasil dari perkembangbiakan Indukan Murai Batu secara alami. Sedangkan MB Trotol istilah yang diberikan pada anakan Murai Batu yang diperoleh dari hasil penangkaran buatan, dari perjodohan indukan Murai Batu secara sengaja yang dikawinkan.

Meskipun kedua jenis Murai Batu ini berada dalam tahapan usia yang sama, tetapi masing-masing Murai Batu tersebut memiliki kualitas yang berbeda. Penyebabnya adalah keberadaan di mana Murai Batu itu dilahirkan atau dengan kata lain faktor lingkungan di mana asal Murai Batu tersebut. Yah, faktor lingkungan membawa pengaruh terhadap hasil anakan Murai Batu. 

Pengaruh-pengaruh yang ditimbulkannya bisa berupa perbedaan karakter, kekuatan mental, kemampuan berkicau, ketahanan fisik dan lain-lain. Yang mana, semua itu menjadi indikator penting bagi penghobi dalam membeli atau memilih anakan Murai Batu yang ingin dipeliharanya. 

Berdasarkan hal itu, penulis akan menerangkan kelebihan dan kekurangan mengenai kedua jenis Murai Batu ini supaya jika anda disodorkan antara dua pilihan dalam menentukan MB Muda Hutan atau MB Trotol anda dapat mengambil keputusan yang tepat.

Murai Batu Muda Hutan

Kelebihan MB Muda Hutan : Karena berada pada lingkungan hutan dengan segala perubahan cuaca yang dialaminya, Murai Batu ini terlatih memiliki ketahanan fisik dan mental yang kuat, tidak mudah sakit dan mampu survive di berbagai kondisi. Di alam liar MB Muda Hutan berkembang dengan Murai Batu dewasa lain dengan kemampuan kicauannya, membuat MB Muda Hutan telah mempunyai isian variasi kicauan dasar dari hutan. Sehingga, meskipun di bawah usia 5 bulan, anda sudah bisa mendengar dan melihat trek dan gaya bertarung sebagai ciri khasnya.

Kekurangan MB Muda Hutan : Pembawaannya yang berada di alam bebas mengakibatkan MB Muda Hutan berkarakter keras, sulit untuk dilatih jinak. Pakannya juga lebih menyukai pakan alami, seperti serangga-serangga kecil, sedangkan untuk membiasakannya makan voer sepertinya butuh waktu yang cukup lama. Di samping itu, MB Muda Hutan gampang sekali stres, jika dirasa tempat yang baru membuatnya merasa tidak nyaman, apalagi jika si pemilik tidak mengerti soal perawatan Murai Batu maka akan mempercepat MB Muda Hutan mengalami stres, dan apabila stres melanda, MB Muda Hutan seringkali berakhir dengan kematian.

Murai Batu Trotol

Kelebihan MB Trotol : Meskipun tidak memiliki suara kicauan dasar yang alami dari alam, tetapi MB Trotol mudah dilatih. Dilatih untuk makan voer, dilatih berbunyi ataupun dilatih dalam isian pemasteran kicauan. MB Trotol lebih cepat tanggap dengan semua itu. Tentunya MB Trotol jenis yang baik untuk diikutsertakan lomba sebab isian suara kicauan bisa disesuaikan dengan karakteristik penilaian lomba tersebut. Dan tak lupa, MB Trotol mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

Kekurangan MB Trotol : karena sifatnya yang mudah jinak, kadangkala sifat MB Trotol menjadi manja. Selain itu MB Trotol yang berada pada lingkungan yang ramai, membuat suara kicauan tercampur dengan suara-suara binatang lainnya, hal ini jelas tidak baik. Kekurangan yang lainnya, butuh waktu yang lama untuk mengikutsertakan Murai Batu sampai memiliki mental tarung yang kuat, berbeda dengan MB Muda Hutan yang sudah bermental kuat dari dasarnya. 

Sebagai catatan, jika dilihat dari sudut pandang harga antara kedua jenis anakan Murai Batu ini. MB Trotol masih mengungguli dengan harga pasaran yang lebih mahal daripada MB Muda Hutan. 

Sekian ulasan artikel mengenai MB Muda Hutan dengan MB Trotol, di mana tiap jenis memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, semoga setelah anda membaca artikel ini anda sudah bisa memastikan untuk memilih anakan Murai Batu jenis mana dengan menyesuaikan budget dan selera anda masing-masing.

Oleh : Roma Doni
Referensi : Forum kicaumania.or.id
 

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates

Blogger news